Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil Agar di Disetujui?

admin 0
bagaimana cara klaim asuransi mobil

Kecelakaan adalah suatu kejadian yang pasti tidak diinginkan oleh semua orang. Kamu bisa mengalami kerugian bukan hanya secara fisik, akan tetapi mobil yang kamu kendarai juga bisa mengalami kerusakan dari ringan hingga berat.

Asuransi mobil merupakan asuransi yang akan melindungi finansial kalian dari risiko kerusakan mobil. Kamu hanya perlu membayar premi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat diawal. Secara umum, asuransi mobil meliputi perlindungan terhadap kerusakan ringan maupun berat hingga pencurian.

Setelah membeli asuransi mobil, lalu bagaimana cara klaim asuransi mobil yang sudah kamu beli tersebut?

Proses Klaim Asuransi Mobil Hanya Butuh Beberapa Langkah Saja

Igloo merupakan salah satu penyedia asuransi mobil yang menawarkan banyak jaminan pertanggungan. Di Igloo proses klaim asuransi mobil juga sangat mudah kamu hanya butuh menempuh beberapa langkah hingga ganti rugi bisa kamu dapatkan.

  • Masuklah ke portal Igloo. Biasanya kamu akan menerima notifikasi jika polis sudah terbit. Kemudian masuklah ke halaman “Polis Saya”
  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan. Diantaranya nomor polis, fotokopi KTP, fotokopi SIM, fotokopi STNK.
  • Isikanlah formulir klaim, jika sudah pastikan untuk menandatanganinya.
  • Lampirkan surat keterangan dari kepolisian atas kerugian yang sedang kamu alami.
  • Berikan bukti kecelakaan baik foto atau rekaman CCTV.
  • Kamu bisa mengirimkan detail dan dokumen lain ke pusat bantuan Igloo di id@iglooinsure.com.
  • Proses klaim akan memerlukan waktu hingga 7 hari kerja setelah dokumenmu lengkap. Penggantian akan memerlukan waktu hingga 14 hari kerja setelah pengajuan klaim disetujui.

Ingat dalam setiap pengajuan klaim atas sebuah kejadian ada harga klaim asuransi mobil yang harus kamu bayarkan. Sesuai ketentuan OJK, besarnya biaya klaim adalah Rp300.000 untuk setiap kejadian. Dan biaya ini bisa lebih tergantung sebab kecelakaan yang kamu alami.

Alasan Pengajuan Klaim Bisa Ditolak

Tidak semua pengajuan klaim mendapatkan persetujuan dari pihak asuransi. Semua tergantung dengan jaminan pertanggungan yang tertulis dalami premi. Namun secara umum, beberapa alasan ini bisa menjadikan pengajuan klaim yang kamu lakukan ditolak.

  • Klaim yang kamu lakukan tidak sesuai dengan polis, apalagi jika kamu melewatkan jatuh tempo pembayaran premi. Secara otomatis pengajuan yang kamu lakukan akan ditolak pihak asuransi.
  • Mobil dipakai untuk kegiatan yang termasuk dalam pengecualian. Diantaranya mobil digunakan untuk belajar mengemudi, ikut ajang karnaval, dan mobil digunakan untuk melakukan tindak kejahatan.
  • Pengemudi tidak mempunyai SIM, sehingga besar kemungkinan pengajuan klaim akan ditolak.
  • Dokumen yang kamu berikan tidak lengkap sehingga pihak asuransi tidak bisa melanjutkan proses ganti rugi.

Dari berbagai alasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwasannya membaca detail premi asuransi sangatlah penting untuk membantu melancarkan proses klaim yang kamu lakukan.

Kesimpulan

Adanya asuransi mobil dari Igloo bisa meminimalisir kerugian yang kamu alami. Karena dengan asuransi kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya perbaikan atas kerusakan yang dialami mobil. Tertarik dengan Igloo? Kamu bisa langsung melakukan pembelian asuransi mobil Igloo sekarang dan mendapatkan Diskon hingga 25%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *