2 Cara Sederhana Mengajarkan Literasi dan Numerasi pada Anak SD Secara Online

admin 0
literasi dan numerasi

Kegiatan daring sangat menantang semua orang untuk berpikir kreatif. Harapannya tentu untuk menciptakan kegiatan yang efektif. Kita tidak melulu harus bertatap muka untuk suatu kegiatan. Seperti masa ini, beberapa kegiatan harus dilaksanakan secara online. Termasuk mengajarkan literasi dan numerasi pada anak usia 7-12 tahun.

Covid belum sepenuhnya berakhir, itulah sebabnya masih banyak sekolah yang mewajibkan pembelajaran secara daring. Sementara, Guru dituntut untuk menerapkan kurikulum terbaru dengan meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak. Lalu, bagaimana cara efektif untuk meningkatkannya sementara siswa harus belajar dari rumah? Simak penjelasannya!

Mengenal literasi numerasi secara umum

Menurut KKBI, literasi merupakan kemampuan sesorang untuk mengolah pengetahuan serta informasi agar memperoleh kecakapan hidup. Kemampuan ini wajib dimiliki tiap individu khususnya para siswa untuk berkompetisi di abad 21.

Literasi itu terbagi menjadi beberapa jenis, yakni literasi numerasi, literasi baca tulis, literasi digital, dan literasi sains. Lalu, apa yang dimaksud dengan literasi numerasi?

KKBI juga telah menjelaskan pengertian dari masinh-masing jenis.yang dimaksud dengan literasi dan numerasi yaitu skill untuk mengaplikasikan susunan simbol dan angka serta meenganalisis segala informasi yang didapatkan berupa tabel, grafik, dan lainnya.

Kegiatan mengajarkan literasi dan numerasi

Sebenarnya, kegiatan literasi dan numerasi itu beragam bahkan jauh sebelum pandemi menyerang. Apalagi cara meningkatkan literasi baca tulis, kita bisa melakukan banyak hal seperti mendongeng, membuat pohon bacaan, poter, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan kegiatan saat pandemi seperti sekarang? That’s great question! Sebagai guru, Kita harus kreatif dan inovatif. Kita harus menggali banyak ide dan mengembangkannya. Dengan begitu, literasi dan numerasi anak akan meningkat khususnya siswa SD yang menjelang AKM. Karena tidak bisa bertatap muka, Kita dapat memanfaatkan media online.

Well, di bawah ini adalah contoh kegiatan online terbaik dalam proses peningkatan literasi numerasi siswa:

1. Penayangan video (Youtube)

Di masa apapun, video selalu menjadi andalan guru atau orang tua untuk memberikan pelajaran tertentu kepada anak. Video manual atau video online (Youtube) sama-sama memiliki manfaat yang sama asal kontennya sesuai dengan tema pelajaran.

Sebagai contoh sederhana, Kita bisa menayangkan video bercerita, menjelaskan soal literasi numerasi, dan lain-lain. Atau, Kita bisa menayangkan video yang lebih kreatif lagi.

Contoh lain, Kita bercerita dalam video tersebut, namun tidak sampai selesai. Di akhir penayangan, Kita arahkan anak didik untuk membaca kelanjutannya di link perpustakaan yang sudah Kita buat sebelumnya. Cara ini akan menambah minat baca dan analisis anak.

2. Small converence

Meski tidak bisa bertemu secara langsung, Kita masih bisa memanfaatkan aplikasi lain yang membantu Kita untuk berkomunikasi langsung dengan anak didik. Misal, Kita pakai aplikasi Zoom. Dalam meeting online, Kita isi dengan pembahasan matematika. Karena literasi numerasi, maka Kita fokus ke soal cerita.

Kenapa harus soal cerita? Ini karena anak akan terbiasa berlatih untuk berpikir kritis. Bahkan tak sedikit siswa yang mengeluh sulit untuk menyelesaikannya. Hal ini sangat wajar karena model soal seperti ini memiliki koneksi kuat dengan kehidupan sesungguhnya. Artinya, anak harus mengoptimalkan imajinasi atau bayangan yang sedang terjadi.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, Kita bisa meminta anak untuk menggambarkan (coretan) apa yang ada di bayangannya mengenai tiap kejadian dalam soal cerita. Maka, secara tidak langsung, anak telah menerapkan konsep angka dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah 2 cara untuk mengajarkan literasi dan numerasi secara online. Meski sederhana, dampak yang didapat sungguh luar biasa khususnya untuk pendidikan siswa Sekolah Dasar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *